Alhamdulillah, Qurban Anda sampai Pelosok (Laporan QSP 2014)

Alhamdulillahirobbil’alamin, program UNS Berqurban – Qurban Sampai Pelosok (QSP) yang dilaksanakan pada  5-6 Oktober 2014 bisa dikatakan berjalan dengan sukses. Sebanyak :115  kambing dan 10 sapi sudah dikelola dan didistribusikan ke lebih dari  29 daerah yang minim hewan qurban.  5000-an paket qurban tersalurkan dalam program ini. Program pendistribusian dan pengelolaan hewan qurban tersebut setidaknya melibatkan 300 relawan, baik relawan LAZIS UNS maupun rekan-rekan Lembaga Dakwah Kampus UNS.

Pada  program QSP 2014 ini LAZIS UNS memusatkan  di 4 daerah, yaitu Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar dengan penyaluran 2 sapi untuk 200-an penerima paket hewan Qurban,  Desa Jerukan Kecamatan Juwangi, Boyolali dengan penyaluran 1 Sapi  untuk 60 Kepala keluarga (KK), daerah ke-3 yaitu Desa Tunjungharjo, Kecamatan Tegowanu, Grobogan dengan penyaluran  1 Sapi dan daerah terakhir adalah Mengger, Desa Nglipar, Kec. Nglipar, Gunungkidul, DIY dengan penyaluran 1 sapi.

Untuk program QSP tahun ini, kami telah mempersiapkan secara maksimal. Hewan Qurban disiapkan sebulan sebelum hari raya idul adha. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga kualitas hewan qurban serta menjaga stabilitas harga hewan. Sapi  dan Kambing  untuk QSP 2014 diambil dari Tawangmangu dan Matesih (Karanganyar).

Kami mengucapkan terimakasih kepada lebih dari 185 sohibul qurban  dan donatur yang telah berpartisipasi dalam program QSP 2014, Relawan LAZIS UNS,  300-an Relawan dari kawan-kawan Lembaga Dakwah Kampus (LDK) UNS, Takmir Masjid Nurul Huda UNS, Peternak penyedia hewan qurban di Tawangmangu dan Matesih (Karanganyar), Masyarakat dan takmir masjid penerima hewan qurban, dan semua pihak yang telah berperan dalam program QSP 2014 ini. Kami sadar masih banyak kekurangan dalam program QSP tahun ini, dan semoga bisa menjadi bahan evaluasi untuk program-program LAZIS UNS mendatang. Semoga Qurban kita tahun ini bisa menjadi bukti cinta kita kepada sesama dan kepada Allah SWT.. Amin

 

Qurban Sampai Pelosok dan Semangat Menebar Manfaat

Menyembelih hewan qurban pada hari raya idul Adha dan hari tasrik bagi umat Islam merupakan sunnah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW.  Bahkan ada sebuah hadist yang menekankan bahwa sedekah yang paling utama di hari itu adalah qurban , Hadist Ibnu Abbas Rasulullah bersabda:”Tiada sedekah uang yang lebuh mulia dari yang dibelanjakan untuk qurban di hari raya Adha” serta masih banyak lagi faedah dari ibadah qurban tersebut, diantaranya: kebaikan dari setiap helai bulu hewan kurban, berkurban adalah ciri keislaman seseorang, Ibadah kurban adalah salah satu ibadah yang paling disukai oleh Allah, Berkurban membawa misi kepedulian pada sesama, menggembirakan kaum dhuafaBerkurban adalah ibadah yang paling utamaBerkurban adalah sebagian dari syiar agama Islam danMengenang ujian kecintaan dari Allah kepada Nabi Ibrahim

Akan tetapi, kita sering kali mendapati penyembelihan dan distribusi qurban hanya terpusat pada beberapa daerah saja. Misalnya pada tahun 2012, LAZIS UNS menemukan daerah yang hampir enam tahun tidak ada Qurban, tepatnya di desa Tanggungharjo, Grobogan.  Saat itu LAZIS UNS menyalurkan dua sapid an 50 paket sembako untuk daerah tersebut. LAZIS UNS juga sering mendapatkan pengejuan dari massyarakat yang  daerahnya hanya sedikit qurban yang disembelih atau bahkan tidak ada qurban sama sekali. Hal ini disebabkan oleh salah satunya adalah teknis distribusi dan keterbatasan pengelola untuk mendistribusikan serta mengelola hewan qurban ke daerah minus qurban. Untuk itu, LAZIS UNS   menawarkan kerjasama kepada donatur personal, lembaga, perusahaan dan pihak-pihak lain untuk mendistribusikan dan mengelola qurban ke daerah-daerah yang kekurangan. Dengan cara seperti ini, diharapkan ibadah qurban dirasakan juga oleh masyarakat dan daerah yang minim hewan qurban maupun tidak ada qurban.

Dengan adanya keadaan di atas, LAZIS UNS memberikan solusi “Qurban sampai Pelosok” (QSP). Dimana, qurban dari donator disalurkan ke daerah-daerah pelosok yang minim  hewan qurban. Program sampai pelosok ini dimulai tahun 2010- sebelumnya nama programnya adalah ‘qurban di kampus dan qurban dari kampus’. Sejak 2010, LAZIS UNS menghimpun lebih dari  433 kambing dan 36 sapi , disalurkan ke lebih dari 200 daerah, serta lebih dari 20ribu paket qurban disalurkan. ()

Laporan versi .pdf bisa Anda unduh di sinilap QSP’14 pdf

Although, you can https://resume-chief.com look for some additional information in the third edition of mla guidebook for writers.

Comments are closed.

Skip to toolbar