Lebih dari 200 Pelajar dan Masyarakat Berpartisipasi dalam #AyoMembaca2014

Dalam rangka memperingati Hari Literasi Internasional (International Literacy Day) yang jatuh pada tanggal 8 September 2014, LAZIS UNS bekerjasama dengan Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Surakarta, Penerbit Indiva dan 18 Perpustakaan Kampung menyelenggarakan serangkaian event menarik di bulan ini. Rangkaian acara ini diawali dengan #AyoMembaca2014 di Solo Car Free Day yang dilaksanakan Minggu (14/9) di Bundaran Gladak dan ditutup dengan serangkaian perlombaan pada Minggu (21/9) di Komplek Nurul Huda Islamic Center Kampus Universitas Sebelas Maret Surakarta.

#AyoMembaca2014 di Solo Car Free Day dimeriahkan dengan pameran poster, game konblok berhadiah, sosialisasi perpustakaan keliling dan pendaftaran anggota perpustakaan daerah. Rangkaian acara #AyoMembaca2014 juga menggelar berbagai lomba untuk membangkitkan budaya literasi (keberaksaraan) di kalangan pelajar dan masyarakat, seperti Lomba “Ranking Satu”, Lomba Cerpen, Lomba Mading 3D, Lomba Resensi Buku, dan Lomba Desain Poster. Setidaknya ada 208 pelajar dan masyarakat umum serta 77 sekolah yang turut berpartisipasi dalam lomba tersebut.

Puncak rangkain acara #AyoMembaca2014 dimeriahkan dengan final Lomba Cerpen. Lomba Desain Poster, Lomba Resensi, Lomba Mading 3D dan Lomba Rangking Satu. Rangkaian acara #AyoMembaca2014 ditutup dengan pengumuman pemenang lomba, antara lain Lomba Desain Poster yang dimenangkan oleh Nach Rowi Khoirudin, Lomba Cerpen dimenangkan oleh Myatun Naimah (SD Harjodipuran), Lomba Resensi Buku oleh Anastasia Ayu Natalia (SMA N 4 Surakarta), Lomba Mading 3D oleh SMP Muhammadiyah 7 Surakarta dan Lomba Rangking 1 oleh M. Malik Ibrahim (SD Bratan 1).

“Melalui rangkain acara #AyoMembaca2014 ini kami mengharapakan masyarakat bisa terlibat secara aktif disetiap kegiatan yang berhubungan dengan budaya literasi seperti membaca dan tulis menulis serta meningkatkan minat baca masyarakat,” ungkap ketua panitia #AyoMembaca2014, Thitha Meista M.K, S.Pd. (LAZIS UNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Skip to toolbar