Rumah Anak Pintar LAZIS UNS Kirim Wisudawan Santri

Empat pelajar yang tergabung dalam Rumah Anak Pintar (RAP) unit Sawah Karang menjadi bagian dari agenda Wisuda Santri TPQ Kota Surakarta yang dieselenggarakan Badko TPQ dan Bagian Kesra Setda Kota Surakarta, Ahad (23/11) kemarin. Anggota RAP ini adalah dek Rizna Aldi Septiana menonjol tilawah, Nur Aini Salsabila tilawah, Tarisa Suci Rachmawati, dan Mahmudah Nur Khasanah hafalan jus amma. Keempatnya merupakan siswa kelas IV sekolah dasar, warga Sawah Karang RT 04 RW 23, Jebres.

Acara yang dihadiri kurang lebih 800 peserta dari berbagai daerah di Kota Surakarta ini diawali dengan pawai jalan kaki para santri dari Masjid Agung Surakarta menuju Balaikota. Wisudawan santri tahun ini dipimpin langsung oleh Kasmiyanto, ketua Badko TPQ Kota Surakarta.

Untuk lolos sebagai wisudawan, keempat adik kita ini harus memenuhi dua syarat. Pertama mereka lulus iqra’ VI. Kedua diharuskan sudah mampu membaca Al Quran.

“Mereka sudah mendapat SK lulus iqra’ dan mampu membaca AL Quran dari TPQ As Salam. Tidak hanya itu, dek Mahmudah termasuk salah satu santri yang memiliki hafalan juz ‘amma lebih banyak diantara santri As Salam lainnya. Sementara dek Rizna dan Salsa memiliki nilai tilawah yang tertinggi dibanding teman-temannya,” jelas Koordinator RAP LAZIS UNS unit Sawah Karang, Muanah.

Ternyata tidak hanya kemampauan tilawah yang dimiliki adik-adik kita ini, lebih dari itu mereka juga memiliki semangat dalam melestarikan budaya. Salah satunya adalah dengan mempelajari seni tari.

“Sejak di RAP ada program kelas Tari, mereka sekarang juga sangat antusias mengikuti kelas tersebut. Semoga kedepan makin banyak anak-anak RAP yang terlibat dalam kegiatan-kegiatan postif semacam ini,” imbuh Muanah. (LAZIS UNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Skip to toolbar