Rumah Anak Pintar Belajar Lingkungan Hidup Sejak Dini

Memperingati Hari Lingkungan Hidup yang jatuh setiap tanggal 10 Januari, Rumah Anak Pintar (RAP) Sawah Karang dan Rumah Imajinasi Membaca dan Belajar Anak (RIMBA) Mojosongo mengadakan beberapa kegiatan bertemakan lingkungan hidup pada Sabtu (10/1). Mulai dari menanam berbagai tanaman dalam media polybag, memanen hasil tanaman dan memasak sendiri hasil tanaman yang telah selesei dipanaen. Tidak hanya itu, anak-anak juga diminta untuk mengumpulkan berbagai tanaman unik yang ada disekitar mereka untuk kemudian diberikan penjelasan tentang kegunaan dan manfaat tanaman tersebut oleh pendamping mereka.

Selain sebagai kegiatan untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup, kegiatan ini juga sebagai sarana pembelajaran untuk anak-anak. “Kegiatan ini dilakukan untuk menanamkan kepada anak-anak binaan RAP dan RIMBA agar mereka belajar menghargai lingkungan hidup disekitar mereka,” jelas staf program LAZIS UNS, Thitha Meista M.K, S.Pd.

Lebih lanjut Thitha menjelaskan bahwa kedepannya, bagi masyarakat yang berminat untuk melakukan penghijaun atau penanaman di daerah yang membutuhkan, LAZIS UNS siap menyalurkan bibit pohon buah ataupun tanaman keras seperti Jati, Bendo, Wuni dan Jabon. Setidaknya nantinya setiap bulan akan ada penyaluran bibit-bibit tersebut. Hal ini sebagai salah satu bentuk komitmen LAZIS UNS untuk melakukan edukasi pra bencana kepada masyarakat dalam program SiagaBencana.(LAZIS UNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Skip to toolbar