Kado Cinta untuk Ibu

Ada sebuah kisah yang menarik dari sahabat Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam (SAW)  dari Mu’wiyah bin Jahimah as-Salami bahwasanya Jahimah pernah datang menemui Nabi shallallahu alaihi wasallam lalu berkata: Wahai Rasulullah, aku ingin pergi jihad, dan sungguh aku datang kepadamu untuk meminta pendapatmu. Beliau berkata: “Apakah engkau masih mempunyai ibu?” Ia menjawab: Ya, masih. Beliau bersabda: “Hendaklah engkau tetap berbakti kepadanya, karena sesungguhnya surga itu di bawah kedua kakinya. Sungguh mulianya seorang ibu, sampai Nabi saw pun melarang seseorang pergi jihad, dan memerintahkan untuk berbakti kepada ibu.

begitu mulianya peran seorang ibu, sampai-sampai di beberapa negara menetapkan “hari ibu” atau Mother’s Day.  Di Indonesia hari ini dirayakan pada tanggal 22 Desember dan ditetapkan sebagai perayaan nasional. Sementara di Amerika dan lebih dari 75 negara lain, seperti Australia, Kanada, Jerman, Italia, Jepang, Belanda, Malaysia, Singapura, Taiwan, dan Hong Kong, Hari Ibu atau Mother’s Day (dalam bahasa Inggris) dirayakan pada hari Minggu di pekan kedua bulan Mei. Di beberapa negara Eropa dan Timur Tengah, Hari Perempuan Internasional atau International Women’s Day (dalam bahasa Inggris) diperingati setiap tanggal 8 Maret.

Lain lagi dengan yang dilakukan oleh LAZIS UNS. Dalam rangka memaknai momentum “hari Ibu”, LAZIS UNS bekerjasama dengan Bidang Keputrian NH UNS mengadakan program “Kado Untuk Ibu” agenda berupa gerakan Jilbab untuk ibu, Mukena untuk ibu, Qur’an untuk ibu, dan Bingkisan untuk ibu dhuafa.

LATAR BELAKANG PPROGRAM :

–       Memperingati hari ibu tanggal 22 Desember 2013

–       Memberikan kado spesial akhir tahun untuk Ibu.

–       Program kerja bidang Marketing LAZIS UNS

–       Sinergisasi program: Keputrian NH UNS*

 

 

 

WAKTU:

Nopember – Desember 2013

 

BENTUK :

PROGRAM PAKET DONASI

  1. 1.       Program berbagi Jilbab Syar’i.

Dengan donasi Rp 50.000,- sudah dapat berpartisipasi dalam mensyiarkan syariat jilbab syar’i kepada ibu-ibu yang rentan keislamannya di daerah rawan pemurtadan dan daerah pinggiran kota, termasuk  ibu-ibu janda dan dhuafa .

  1. 2.       Program berbagi Mukena Bersih.

Dengan donasi Rp 100.000,- sudah dapat berpartisipasi dalam memberikan hadiah mukena baru dan bersih kepada ibu-ibu yang rentan keislamannya di daerah rawan pemurtadan dan daerah pinggiran kota, termasuk  ibu-ibu janda dan dhuafa .

  1. 3.       Program Kado untuk Ibu Janda Dhuafa

Dengan donasi Rp 100.000,- sudah berpartisipasi dalam memberikan kebahagiaan sekaligus meringankan beban hidup keluarga yatim dalam bentuk kebutuhan belanja pokok harian (sembako).

  1. 4.       Program Waqaf Al Quran untuk Taklim Ibu-ibu

Dengan donasi Rp 50.000,- sudah dapat berpartisipasi mewakafkan 1 mushaf Al Quran yang akan disalurkan kepada pengajian, majelis taklim ibu-ibu yang masih membutuhkan pembinaan keislaman di daerah rawan pemurtadan dan daerah pinggiran kota, juga di salurkan ke masjid di pelosok daerah yang membutuhkan.

 

Partisipasi donasi dapat disalurkan dengan cara :

  1. Datang langsung ke Kantor LAZIS UNS,

Komplek Masjid Nurul Huda Universitas Sebelas Maret.

  1. Jemput Donasi
  2. Transfer ke Bank Muamalat 521.007.1000 a.n LAZIS UNS

PENYALURAN

–       Penyaluran paket donasi untuk jilbab dan mukena akan disalurkan ke ibu (internal/external kampus)*. Konsep penyaluran lebih lanjutnya akan dibahas dengan bidang Keputrian

–       Penyaluran bingkisan ibu Dhuafa disalurkan ke ibu-ibu Dhuafa internal kampus UNS

–       Penyaluran wakaf Qur’an akan dialokasikan ke majelis-majelis ta’lim ibu-ibu baik diinternal maupun external UNS

 

Simbolisasi penyaluran akan dilaksanakan pada saat Seminar Parenting yang akan diadakan akhir Desember 2013 *.

 

 

TARGET

–          Paket donasi terhimpun: Rp.30.000.000,00

–          Terciptanya Sinergisisasi program LAZIS UNS  dengan Bidang  Keputrian NH UNS dan semua elemen perempuan di UNS ( Darma Wanita UNS, Kemuslimahan JN UKMI UNS, dll)

–          Program berjalan dengan lancar dari proses perencanaan hingga penyalurannya.

 

 

PENUTUP

“Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapanya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun . Bersyukurlah kepadaKu dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.” (Qs. Luqman : 14)

Also, you should learn that here now entitle the notes section.