Hari Raya Idul Adha, Jumat 26 Oktober 2011

Kementerian Agama (Kemenag) menetapkan awal Dzulhijjah 1433 H jatuh pada Rabu (17/10) esok. Artinya, Hari Raya Idul Adha pada 10 Dzulhijjah jatuh pada Jumat (26/10) mendatang. Penetapan awal Dzulhijjah itu diambil berdasarkan Sidang Itsbat yang dipimpin Wakil Menteri Agama (Wamenag), Prof Nasaruddin Umar di Kantor Kemenag, Jl MH Thamrin, Jakarta, Senin (15/10).

“Berdasarkan hasil hisab rukyat di 31 provinsi, ketinggian hilal masih di bawah ufuk berdasarkan ijtima’ pukul 19.02 WIB posisi hilal minus empat derajat sampai minus dua derajat di 31 provinsi. Sehingga jumlah bulan Dzulqaidah digenapkan 30 hari,” papar Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag, Mukhtar Ali.  Selain Mukhtar yang juga Ketua Badan Hisab Rukyat Kemenag, hadir pula Wasekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI), Tengku Zulkarnaen dan Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag, Prof Abdul Djamil. Nampak pula perwakilan organisasi kemasyarakatan Islam.

Setelah mendengarkan paparan Muktar serta anggota Badan Hisab Rukyat dari Planetarium Jakarta, Cecep Nurwendaya, Wamenag langsung membacakan putusan Sidang Itsbat. “Keputusan 1 Dzulhijjah 1433 H jatuh pada hari Rabu, 17 Oktober 2012. Sehingga Hari Raya Idul Adha pada 10 Dzulhijjah jatuh pada hari Jumat, 26 Oktober 2012,” jelas Wamenag. Wamenag pun meminta persetujuan perwakilan ormas yang hadir atas keputusan ini. Mereka menyahut setuju. Alhamdulillah, ujar Nasaruddin, warga Indonesia bisa melaksanakan bersama-sama Idul Adha di waktu bersamaan.

Data hisab yang dihimpun BHR menyatakan, pada saat matahari terbenam posisi hilal di seluruh wilayah Indonesia sudah di atas ufuk, dengan ketinggian hilal antara 04 derajat dan 25 detik sampai dengan enam derajat 34 detik. Selanjutnya,   hari Arafah, saat jamaah haji berdoa di padang luas Arafah, jatuh pada Kamis, 25 Oktober mendatang. Idul Adha jatuh esok harinya.

 

Sementara itu, Universitas Sebelas Maret (UNS)  akan mengadakan sholat Idul Adha pada hari yang telah ditetapkan pemerintah. Sholat akan diadakan di halaman gedung Rektorat / Kantor Pusat UNS dengan imam dan khotib Dr. Widodo Muktiyo, M.Com (Pembantu Rektor IV UNS). Penyembelihan hewan Qurban dilaksanakan mulai tanggal 26 Oktober 2012, dengan rincian tanggal 26-28 Oktober diselenggarakan di daerah pelosok (Grobogan, Sragen, Boyolali, Wonogiri, dll) dan pada hari Senin, 29 Oktober 2012 diadakan Qurban di Kampus : Qurban pimpinan universitas di masjid Nurul Huda UNS. (lazis)  sumber berita

 

Mla buy a research paper for college cheap is the abbreviature of modern language association.